Tips Jitu Mancing Ikan Patin Menggunakan Senar Kecil

SALAM STRIKE!!

Essen Barracuda ~ Para angler, pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan patin. Ikan patin merupakan salah satu ikan yang paling banyak diminati oleh para pemancing. Tubuhnya yang panjang dan sedikit liar menjadi tantangan tersendiri pada saat strike. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Tips Jitu Mancing Ikan Patin Menggunakan Senar Kecil, simak sampai tuntas!!

https://pusatessenterbaik.blogspot.com/2018/12/tips-jitu-mancing-ikan-patin-menggunakan-senar-kecil.html
Pangasius atau ikan patin memang terkenal mempunyai keunikan tersendiri. Tidak heran jika ikan ini menjadi salah satu ikan yang diperlombakan terutama di kolam galatama. Mancing ikan patin jelas berbeda dengan mancing ikan mas atau ikan-ikan lainnya, karena itu ada beberapa trik tertentu yang para angler wajib ketahui agar bisa sukses mancing ikan patin.

Rangkaian pancing bisa menggunakan pelampung atau glosor. Umumnya terdiri dari 1-2 mata kail dengan ukuran kecil sampai sedang. Ini disebabkan oleh karena mulutnya yang tidak besar maka disarankan menggunakan kawat nikelin kecil dan lemas, kili-kili serta timah pemberat.

Perlu diingat! apabila para angler suka mengunakan pelampung, jarak antara kail dan pelampung harus sama dengan kedalaman sungai atau kolam agar umpan bisa menyentuh dasar.
  • Pertama ikatkan pancing nikelin/kenur pandu sepanjang 5-7cm kemudian ikatkan nikelin ke kili-kili
  • Sebelumnya kili-kili harus diikatkan ke senar utama, jangan lupa untuk memasukkan timah pemberat di senar utama
  • Pastikan timah pemberat yang digunakan adalah timah yang berlubang di tengah (timah melinjo) sehingga timah bisa bergerak leluasa di senar utama
  • Setelah timah dimasukkan, ikatkan senar utama ke kili-kili yang tersambung dengan mata kail.
Setelah rangkaian pancing jadi, gunakan karet stopper di senar utama sebagai penjaga agar timah tidak berjalan atau terlalu jauh dari kili-kili. Jarak 5 cm biasanya sudah cukup baik untuk digunakan. Ikan patin tidak akan membawa umpan dalam satu kali sentakan, begitu senar bergerak, hentakkan joran anda. Apabila terlambat menyentak maka umpan akan terbuang sia-sia.

Ikan patin akan terasa menyenangkan apila dipancing dengan senar kecil. Untuk pemula disarankan senar berukuran 8-12 lbs, bagi yang menyukai teknik figh "tarik-ulur" disarankan menggunakan senar berukuran 2-6 lbs. Jangan lupa setelan drag yang disesuaikan dengan ukuran senar. Hentakan pertama tidak akan membuat ikan patin berukuran besar melawan dengan kuat, akan tetapi semakin ke pinggir ikan akan mulai "mengamuk".

#Catatan!
Hati-hati, hentakan mendadak dari patin terhadap senar kecil bisa memutuskan tali senar. Ketika ikan sudah dekat dan siap untuk diangkat, siapkan serokan untuk mengangkat ikan dan jangan memegang senar pancing.

Itulah Tips Jitu Mancing Ikan Patin Menggunakan Senar Kecil yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba! SALAM STRIKE MANTAPPP!!!!

Advertisement by: 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.